internasionalnews

Buntut Konflik Ankara Vs Washington, Eks Pesanan Turki

Ankara Vs Washington
F-35A

Nusatu.com – Pasca meletusnya ketegangan Ankara Vs Washington akibat didepaknya Turki dari program pengembangan F-35 Lightning II . Dan pembatalan pesanan F-35A untuk kebutuhan AU Turki yang dibatalkan oleh Washington. Turki mendatangan sistem senjata rudal pertahanan udara S-400 pada tahun 2019.

 Sebagai negara NATO, Turki punya rencana untuk mengakuisisi 120 unit F-35A. Status 30 unit sudah berstatus order dan dalam jalur produksi, sementara ada enam unit F-35A yang telah rampung dibuat.

Namun karena meletusnya ketegangan Ankara vs Washington, empat unit F-35A digunakan sementara  sebagai wahana training di Lanud Luke, Arizona.  Dan masih ada puluhan unit F-35A eks pesanan Turki yang sudah ada di jalur produksi. Semua lepas dari statusnya yang tak jelas.

Ankara Vs Washington
F-35A

Akhirnya Departemen Pertahanan AS memberi keputusan. Untuk membeli delapan unit F-35A eks pesanan Turki, dan enam unit F-35A tambahan senilai US$862 juta. Yang dimana pesawat-pesawat tersebut rencananya akan dikirim ke Turki pada periode 2022 – 2023 dan masuk dalam produksi Lot14.

Sementara menurut sumber dari pejabat pertahanan harga per unit F-35A eks Turki mencapai US$77,9 juta. Semua akan dituntaskan Lockheed Martin pada tahun 2026.Akan mengambil pagu anggaran akuisisi dari tahun fiskal 2020 .

Menurut pihak kongres, pada National Defense Authorization Act tahun fiskal 2020 . Semua telah memberi izin kepada Pentagon untuk gunakan dana sebesar US$30 juta untuk menggunakan enam unit F-35A eks pesanan Turki. Mencakup dana untuk biaya penyimpanan dan perawatan sampai keputusan resmi siapa unit tempur di AU AS yang kelak akan mengoperasikan.

Sumber : Indomiliter.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close