Kodim Bondowoso Amankan Warga Bandung Yang Jadi TNI AU Gadungan

Rabu, Juni 17th 2020. | nasional, news
Tim Unit Intel Kodim Bondowoso dan anggota Koramil

Nusatu.com,BONDOWOSO – Seorang warga Bandung bernama Ferdinand Mesias santi diamankan oleh Kodim Bondowoso karena kedapatan menjadi anggota TNI gadungan berpangkat Letnan Kolonel di Bondowoso, Selasa (16/6/2020).

Kronologi berawal dari laporan Mayor Inf Erik yang curiga dengan rencana kedatangan Ferdinand dengan dua orang temannya yang karyawan perusahaan dealer mobil di Malang ke rumah dr. Ayu di Perumahan Nangkaan Kec. Kota Kab. Bondowoso dengan alasan untuk membeli mobil over kredit Toyota Yaris nopol P 1262 AD. Modusnya, diduga akan melakukan transaksi penipuan dengan membayar mobil over kredit menggunakan cek kosong.

Mayor Erik kemudian berkoordinasi dengan Tim Unit Intel Kodim 0822 Bondowoso dan anggota Koramil 0822 /01 Kota untuk melakukan pengawasan terkait kedatangan Ferdinand. Saat tiba dilokasi, tim intel Kodim Bondowoso lalu mengamankan Ferdinand yang saat itu masih mengenakan seragam lengkap dengan pangkatnya Letnan Kolonel.

Setelah diamankan, Kodim melakukan koordinasi dengan pihak TNI AU untuk melakukan pengecekan data personil terkait status Ferdinan yang ternyata tidak terdaftar.Dikarenakan Ferdinand bukan anggota TNI maka proses selanjutnya diserahkan ke pihak Kepolisian Bondowoso untuk dilakukan penanganan. Letkol menceritakan bahwa, seorang perenpuan yang dibawa pelaku tersebut kerja di perusahaan dealer mobil. Dulu pernah mau menikah, tapi karena beda agama sampai sekarang belum direstui oleh orang tuanya.

Katanya, Kenal pertama sama pelaku berprofesi sebagai wiraswasta. Tetapi berjalannya waktu dia menggunakan pakaian TNI dan mengaku berpangkat Letkol.”Dari situlah akhirnya karena dia ingin mencari mobil. Dan kenal dengan dokter di Bondowoso ini yang juga mau over kredit mobil. Berhubunganlah dia kesini masalah mobil itu. Dengan janji mobil itu akan di over oleh laki-laki itu dengan uang cek, kemudian nantinya diserahkan kepada perempuan itu mobilnya. Modusnya kemungkinan akan penipuan. Karena tadi akan membayar dengan cek,” tandasnya.

Dari kejadian tersebut Kodim 0822 Bondowoso mengamankan sejumlah barang bukti. Mulai dari seragam TNI lengkap yang dikenakan pelaku, sejumlah cek yang diduga kosong, identitas berupa SIM, kartu ATM, sejumlah uang tunai, tabungan dan barang bukti lainnya.Saat ini oknum TNI gadungan yang mengaku berpangkat Letkol tersebut sudah dibawa ke Polres Bondowoso setempat, untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Related For Kodim Bondowoso Amankan Warga Bandung Yang Jadi TNI AU Gadungan