Militer

Sejarah Nenek Moyang Kapal Selam

Nusatu.com – Kapal selam merupakan salah satu alutsista paling sulit dideteksi. Semejak kemunculan sampai saat ini menjadi momok paling menakukan dilautan. Bergerak  dan bersembunyi di bawah permukaan air, kapal selam menunggu, menggintai dan pada saat yang tepat menyerang kapal permukaan tanpa disadari.

Kapal selam dapat menenggelamkan kapal permukaan yang jauh berkali-kali lipat lebih besar. Kapal selam dapat menghalau laju pegerakan musuh bahkan sampai bias membuatnya mundur.

Konsep pertama kapal selam dicetuskan William Bourne,Inggris pada 1578. Namun, konsep pembuatannya baru direalisasikan pada 1620 oleh Cornelis Jacobszoon Drebbel,Belanda

Kapal selam Drebbel berbentuk seperti perahu kayu yang memiliki atap. Bagian luar terbungkus dengan kulit dan sebuah katup tahan air. Bagian tengah kapal ada Pintu untuk masuk dan digerakkan menggunakan sebuah baling-baling dan beberapa dayung bertenaga manusia.

Moyang Kapal Selam
Kapal selam Drebbe

 Kapal selam tenggelam dan mengambang dengan memompa air keluar masuk tabung kapal selam. Untuk mempertahankan oksigen di dalam kapal selam diperkirakan Drebbel membuat dengan reaksi kimia.

Pada 1718, tukang kayu Yefim Nikonov,Rusia mengaku kepada Raja Peter bahwa ia mampu membuat sebuah ‘kapal rahasia’ yang bisa menyelam di bawah laut dan menenggelamkan seluruh kapal musuh dengan meriam.

Moyang Kapal Selam
Kapal selam Nikonov

Nikonov menyelesaikan kapal selam buatannya pada tahun 1721 atas permintaan Raja Peter. Karena raja puas dengan hasilnya, Nikonov diminta untuk membuat dengan ukuran yang sempurna.

Kapal selam Nikonov berbentuk menyerupai sebuah tong kayu. Dilengkapi dengan corong untuk senjata pelempar api. Pada tahun 1724 kapal selam ini melakukan Percobaan pertamanya,namun gagal.

Karena setelah Raja Peter wafat Nikonov selalu mememui kegagalan . Departemen Angkatan Laut Rusia menutuduh telah menyalahgunakan uang Negara.  Ia pun diturunkan manjadi tukang kayu kembali dan bekerja di galangan kapal di sungai Volga.

BACA JUGA:  Mengenal Rudal Sistem Kendali Radar AIM-120 AMRAAM

kapal selam militer pertama yang benar benar sukses menyelam di kedalaman air terjadi pada Perang Revolusioner Amerika pada tahun 1775. Kapal selam bernama Turtle yang dirancang David Bushnell, Amerika. Kapal selam berbentuk telur ini dapat menyelam maksimum 4,8 kilometer perjam.

Moyang Kapal Selam
Kapal selam Turtle

Kapal selam Turtle ini dioperasikan oleh Sersan Ezra Lee saat Perang Rovolusioner Amerika. Sersan Lee bertugas mengoyak lambung kapal perang milik Inggris HMS Eagle, namun gagal.

Kapal selam dengan desain mesin muncul Pada tahun 1867 setelah Perang Saudara. kapal selam bernama Ictineo II dengan bertenaga uap yang dibuat oleh Narcis Monturiol, Spanyol.

Sunber:Jejaka tapak

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close